Sunday, December 2, 2012

Delay, Jitter & Troughput

Delay

Delay adalah waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay di dalam jaringan dapat digolongkan sebagai berikut :

  • Packetisasi delay
    Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk proses pembentukan paket IP dari informasi user. Delay ini hanya terjadi sekali saja, yaitu di source informasi.
  • Queuing delay
    Delay ini disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh routermicro second.
  • Delay propagasi
    Proses perjalanan informasi selama di dalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi.

Jitter
Jitter merupakan variasi delay antar paket yang terjadi pada jaringan IP. Besarnya nilai jitter akan sangat dipengaruhi oleh variasi beban trafik dan besarnya tumbukan antar paket (congestion) yang ada dalam jaringan IP. Semakin besar beban trafik di dalam jaringan akan menyebabkan semakin besar pula peluang terjadinya congestion dengan demikian nilai jitter-nya akan semakin besar. Semakin besar nilai jitter akan mengakibatkan nilai QoS akan semakin turun. Untuk mendapatkan nilai QoS jaringan yang baik, nilai jitter harus dijaga seminimum mungkin.

Referensi :
Fatoni. Analisis Layanan Jaringan Intranet (Studi Kasus Universitas Bina Darma). Palembang : Universitas Bina Darma.

Troughput
Throughput adalah jumlah dari pekerjaan yang dapat dilakukan suatu saat tertentu.

Referensi :
Modul 1 Pengertian Sistem dan Analisis Sistem

2 comments: